Waspadai Remaja yang Menunjukan Tanda – tanda Ingin Bunuh Diri Ini!

Waspadai Remaja yang Menunjukan Tanda - tanda Ingin Bunuh Diri Ini!

Masa remaja dikatakan banyak orang sebagai masa yang paling indah. Namun masa remaja juga dapat menjadi masa yang paling kelam bagi sebagian orang. Usia remaja memang masih menunjukkan ketidakstabilan emosi dan pikiran seseorang. Hal ini membuat seorang remaja rentan melakukan hal-hal yang tidak dipikirkan matang-matang, seperti bunuh diri. Pemicunya yang mengakibatkan kegoncangan jiwa ini tentu macam-macam, tembak ikan online mengganggu kejiwaan, konflik keluarga juga mengganggu kejiwaan, dan masih banyak lagi faktor pemicu jiwa remaja tergoncang hingga memutuskan bunuh diri.

Kenali Tanda Remaja Ingin Bunuh Diri

Bunuh diri di kalangan remaja dapat dicegah. Kita sebagai sesama manusia dapat saling memantau dan membantu agar jangan sampai tindakan bunuh diri semakin banyak terjadi. Berikut adalah 4 tanda yang dapat mengindikasikan seorang remaja berniat bunuh diri.

1. Bicara tentang kematian

Remaja yang bicara tentang kematian terkadang masih belum dipandang secara serius. Padahal kondisi ini dapat menjadi salah satu tanda seorang remaja ingin bunuh diri. Dalam tahap ini, remaja justru tidak memikirkan masa depannya di dunia, melainkan berpikir bagaimana cara lekas mengakhiri kehidupannya di dunia. Jika Anda memiliki teman usia remaja yang bercerita demikian, alangkah baiknya Anda berusaha menjadi pendengar yang baik dan sebisa mungkin mendapatkan informasi lebih lanjut tentang masalah yang dialaminya.

2. Mengonsumsi minuman keras

Mengonsumsi minuman keras lebih dianggap sebagai sarana menghilangkan stress. Tapi tidak banyak yang tahu bahwa justru hal ini kerap menjadi pemicu seorang remaja bunuh diri. Hal yang membahayakan adalah ketika remaja benar-benar sudah sangat berlebihan dalam mengonsumsi minuman keras. Tanpa perlu mengonsumsi zat lain untuk mempercepat upaya bunuh diri, konsumsi minuman keras dengan jumlah jauh di atas ambang batas sudah tentu akan membahayakan kesehatan hingga dapat menyebabkan kematian.

3. Mudah marah

Mudah marah sejatinya adalah sifat alamiah yang normal bagi manusia. Namun kita tentu dapat membedakan tingkat kemarahan seseorang yang normal dan berlebihan. Kemarahan juga menyangkut kegoncangan jiwa yang dipicu sesuatu yang dilakukan remaja. Misalnya remaja bermain tembak ikan online dan tidak tahu bahwa tembak ikan online mengganggu kejiwaan, alhasil saat mengalami kegagalan remaja akan terguncang jiwanya dan emosional. Hal ini perlu menjadi perhatian khusus terutama bagi orang tua agar tidak menyepelekan kemarahan anak.

4. Percobaan bunuh diri

Tanda ini sudah dipastikan menjadi indikasi kuat remaja ingin benar-benar bunuh diri. Percobaan bunuh diri kerap dilakukan dengan cara menyayat anggota tubuh, meminum zat kimia berbahaya, dan lain sebagainya. Jangan tunggu sampai tanda ini muncul, karena jika terlambat diketahui, akibatnya bisa benar-benar membuat remaja mengakhiri hidupnya.

Itulah 4 tanda yang bisa dikenali untuk mengetahui niat bunuh diri remaja. Jangan tunggu tindakan bunuh diri benar-benar terjadi, cegahlah saat indikasi muncul sedini mungkin!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *